Pendahuluan

Program Studi S1 Statistika merupakan Program Studi baru di bawah Departemen Matematika Fakultas Sains dan Teknlogi ( FST ) Universitas Airlangga ( UA ). Departemen ini dahulu bernama Jurusan Matematika yang berdiri sejak tahun 1982 bersamaan dengan berdirinya tiga Jurusan lain, yaitu Fisika, Kimia, dan Biologi. Sejak tahun 2008 keempat Jurusan tersebut berubah nama menjadi Departemen.

Pada tahun 2011 Program Studi S1 Matematika mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional. Pada saat yang bersamaan, tepatnya tanggal 24 Februari 2011 berdirilah Program Studi S1 Statistika Universitas Airlangga berdasarkan SK Rektor No.93/H3/KR/2011. Berdirinya Program Studi S1 Statistika ini dilandasi oleh berkembangnya Kelompok Bidang Keahlian Statistika di Program Studi S1 Matematika.

Tantangan dunia kerja dan perkembangan ilmu pengetahuan mengharuskan Program Studi S1 Statistika FST UA untuk membuat kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Kurikulum ini didesain berbasis kompetensi dengan mempertimbangkan masukan dari beberapa sumber, seperti tim ahli kurikulum, tim ahli akademik, stakeholder, dan alumni Matematika dengan bidang keahlian Statistika. Untuk penyempurnaan kurikulum Program Studi S1 Statistika yang berbasis KKNI, kurikulum penyempurnaan ini juga disesuaikan dengan kurikulum minimal yang dianjurkan oleh Forum Perguruan Tinggi Statistika Indonesia (FORSTAT).

Visi dan Misi

Visi

Program Studi S1 Statistika menjadi program studi yang unggul di Indonesia dalam penerapan pemodelan statistika pada bidang ilmu kehayatan khususnya di bidang kesehatan, sosial, dan ekonomi untuk mendukung perkembangan Sains dan Teknologi, berperan dalam membina kualitas sumber daya manusia untuk berkontribusi dalam perkembangan masyarakat ilmiah di tingkat nasional dan internasional yang beradab, bermoral agama, dan berwawasan lingkungan serta berupaya mewujudkan cita-cita The Best Science with Morality.

Misi

Sejalan dengan visi, misi, tujuan dan strategi pengembangan Universitas Airlangga, maka misi Program Studi S1 Statistika adalah menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat khususnya yang terkait dengan pemodelan statistika dalam bidang ilmu kehayatan khususnya di bidang kesehatan, sosial, dan ekonomi berdasarkan nilai kebangsaan dan moral agama.

id_IDID