Profil Lulusan

Berdasarkan kesepakatan yang telah digariskan oleh Forum Pendidikan Tinggi Statistika Indonesia (FORSTAT) dan melihat visi dan misi Program studi S1 Statistika Universitas Airlangga, profil lulusan yang ditetapkan oleh Program Studi S1 Statistika adalah menghasilkan lulusan S1 Statistika yang mempunyai peran dan ciri sebagai 1) akademisi, 2) konsultan, 3) entrepreneur, dan 4) peneliti.

  1. Akademisi
    Artinya lulusan mampu melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dan mempu untuk menjadi pendidik professional dalam jangka panjang ( long life education) atau mampu menjadi pendidik professional sepanjang hayat.
  2. Konsultan
    Artinya lulusan mampu menjadi konsultan dan analis yang dapat menggunakan konsep dasar statistika untuk merancang, menganalisis, dan menginterprestasikan data dengan benar dan tepat berdasarkan norma, etika profesi yang telah diajarkan .
  3. Entrepreneur
    Artinya lulusan mampu menggunakan konsepdasar ilmu statistika yang telah diperoleh untuk menciptakan peluang wirausaha baru (start-up) seperti wirausaha pada beberapa bidang terapan seperti ilmu kesehatan, sosial, ekonomi dan beberapa bidang yang lain dengan menggunakan dasar-dasar artificial intelligence dengan memanfaatkan big data yang ada .
  4. Peneliti
    Artinya lulusan mampu menggunakan keilmuannya untuk melakukan penelitian dasar maupun penelitian lanjut terkait pemodelan statistika pada bidang ilmu kehayatan/ kesehatan, sosial, dan ekonomi, karena dengan hasil pemodelan tersebut dapat digunakan sebagai simulasi untuk membuat kebijakan tertentu.
id_IDID