PENGABDIAN MASYARAKAT DESA TAMBAKSAWAH SIDOARJO

Sabtu (17/06/2023) Prodi S1 Statistika Universitas Airlangga telah menyelenggarakan pengabdian masyarakat di desa Tambah Sawah Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan ini diselenggarakan secara offline dengan mendatangi secara langsung Desa Tambak Sawah Kabupaten Sidoarjo. Peserta berasal dari mahasiswa beserta dosen Prodi Statistika Universitas Airlangga.

Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjut dengan sambutan oleh Kepala Desa Tambak Sawah Bapak Imam Fauzi, S.T dan Bapak Drs. H. Sediono M.Si selaku Kaprodi Statistika. Bapak Drs. H. Sediono M.Si menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang menarik serta berharap dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan tujuan untuk mengembangkan sektor ekonomi lokal, seperti melalui pelatihan keterampilan kerja, pemberian modal usaha, promosi produk lokal, atau pendampingan dalam pengembangan usaha mikro dan kecil.

Kegiatan ini juga mendatangkan pemateri yaitu Dian Yuliasari, beliau sebagai Chief Marketing Officer di PT REI Skin Indonesia. Beliau membahas tentang Strategi Pemasaran Produk Melalui Media Digital. Media digital selain sebagai media sosial, kini media digital sebagau platform jual beli serta media pencarian. Dian Yuliasari mengatakan bahwa Pada 2030 nanti, diperkirakan segmentasi akan bergeser ke post millennial sehingga memerlukan strategi digital marketing yang tepat terutama bagi generasi X dan milenial. Oleh karena itu, produk UMKM diharapkan mampu bersaing di era digital saat ini dengan memasarkan pada dunia digital agar tidak ketinggalan dan tetap bertahan.

Melalui kegiatan ini diharapkan para pengusaha produk UMKM di Desa Tambak sawah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman UMKM tentang potensi dan manfaat pemasaran melalui media digital. Meningkatkan keterampilan dan pemahaman tentang strategi pemasaran digital yang efektif, termasuk penggunaan media sosial dan pembuatan konten yang menarik untuk memikat pelanggan. Dengan memanfaatkan media digital, UMKM dapat lebih relevan dan kompetitif dalam pasar yang semakin terhubung secara digital.