Penelitian Mahasiswa Statistika UNAIR Tentang Pengaruh Perkembangan Berita Hoaks di Indonesia Lolos PKM 2021

Meningkatnya berita hoaks yang tersebar di masyarakat, khususnya selama masa pandemi Covid-19 memberi berbagai dampak di masyarakat. Untuk mengatasi hal tersebut, Tim Program Kreativitas Mahasiswa – Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH) Statistika Universitas Airlangga yang beranggotakan Christopher Andreas, Sakinah Priandi, dan Antonio Nikolas melakukan penelitian mengenai perkembangan berita hoaks di Indonesia. Penelitian yang didampingi oleh M. Fariz Fadillah Mardianto, S.Si., M.Si. selaku dosen pembimbing tersebut berhasil didanai oleh Kemdikbud-Ristek pada tahun anggaran 2021 melalui kegiatan PKM. Penelitian tersebut dilaksanakan selama 4 bulan dengan melakukan survei secara offline dan online kepada ratusan responden yang tersebar di setiap provinsi di Indonesia. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling – Partial Least Square (SEM-PLS) guna merumuskan kebijakan yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. 

Penelitian ini menghasilkan berbagai luaran seperti publikasi jurnal nasional, prosiding internasional, dan video dokumenter. Penelitian ini juga berhasil meraih penghargaan “Best Paper” dalam The 5th International Conference on Computing, Mathematics, and Statistics (iCMS 2021) yang diselenggarakan oleh UiTM Kedah Malaysia pada 4-5 Agustus 2021. Selain itu, hasil penelitian yang dituangkan dalam bentuk video dokumenter tersebut berhasil meraih penghargaan Juara 2 dalam kompetisi Unsika National Innovation Challenge 2021 pada bidang Documentary Video Competition. Melalui penelitian ini, diharapkan jalan keluar untuk mengatasi permasalahan berita hoaks dapat diidentifikasi sehingga perkembangan berita hoaks di Indonesia dapat diminimalisir.

Lebih lanjut :

Publikasi Jurnal Nasional : http://doi.org/10.30651/must.v6i1.8816

Publikasi Prosiding iCMS 2021 : https://36f92a07-7496-48b7-b8c5-d4b3a7a690bd.filesusr.com/ugd/9483e7_30adf3e5dedf427caac5f0cf25c2ab76.pdf