Sejarah

Pada Bulan Mei 2009, Drs. Salamun, M.Kes selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga saat itu, melontarkan gagasan tentang perlunya pembukaan program studi baru yaitu Statistika di lingkungan FST. Hal ini dikarenakan masukan dari Prof. Lilik dari ITB yang menyampaikan bahwa banyak pengguna atau stakeholder yang membutuhkan tenaga profesional di bidang Statistika.

Kemudian, H. Sediono, M.Si., selaku Wakil Dekan bidang Pengembangan dan Kerjasama pada saat itu berinisiasi untuk membicarakan dengan dosen-dosen Departemen Matematika yang mempunyai bidang keahlian Statistika, yaitu Eko Tjahjono, Suliyanto, Ardi Kurniawan, Toha Saifudin, Nur Chamidah, dan Elly Ana. Berdasarkan hasil diskusi tersebut, semua dosen mendukung dengan tawaran pembukaan prodi baru S1 Statistika.

Selanjutnya, pertemuan demi pertemuan terus dilaksanakan secara intensif dan koordinatif hingga akhirnya berdirilah Prodi S1 Statistika dengan segala usaha keras dari para pendirinya. Tepat pada tanggal 24 Februari 2011, pimpinan universitas mengeluarkan Keputusan Rektor Universitas Airlangga tentang pembukaan Program Studi S1 Statistika pada Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Airlangga.

Pada tahun 2018 Program Studi S1 Statistika mendapatkan Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang dituangkan pada Keputusan BAN-PT
No 1411/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2018, Setelah itu pada tahun 2022 Program Studi S1 Statistika memperbaharui akreditasinya pada Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan ilmu Formal (LAMSAMA). Hasil dari akreditasi ini Program Studi S1 Statistika mendapatkan status Unggul yang berlaku hingga tahun 2028 yang terbukti pada Surat Keputusan LAMSAMA
No 038/SK/LAMSAMA/Akred/S/V/2023.

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty