Pelaksanaan Akreditasi ASIIN Untuk Program Studi S1 Statistika Universitas Airlangga

Program Studi S1 Statistika Universitas Airlangga (UNAIR) bersama dengan Program Studi S1 Biologi, S1 Teknik Lingkungan, S1 Farmasi, S2 Bioteknologi Perikanan dan Kelautan, S1 S1 Matematika, S1 Sistem Informasi, dan S1 Fisika. telah menjalani proses akreditasi internasional oleh ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik), sebuah lembaga akreditasi ternama dari Jerman. Visitasi dalam rangka akreditasi ASIIN berlangsung pada Rabu dan Kamis (12-13/6/2024). Acara berlangsung di Kantor Manajemen, Kampus MERR-C UNAIR. Proses akreditasi ini berlangsung intensif dan menyeluruh, melibatkan evaluasi berbagai aspek akademik dan administratif dari program studi tersebut.
ASIIN adalah lembaga akreditasi internasional yang berfokus pada peningkatan standar pendidikan tinggi dalam bidang ilmu teknik, informatika, ilmu pengetahuan alam, dan matematika. Dengan reputasinya yang diakui secara global, akreditasi dari ASIIN menjadi tolok ukur penting bagi kualitas program studi di seluruh dunia.
Proses akreditasi ASIIN untuk Program Studi S1 Statistika UNAIR dimulai dengan pengumpulan dan pengajuan berbagai dokumen pendukung. Dokumen-dokumen ini mencakup Struktur kurikulum dan silabus mata kuliah, Profil lulusan dan kompetensi yang diharapkan, metode pembelajaran dan penilaian, kualifikasi dan kompetensi dosen, fasilitas pendukung seperti laboratorium dan perpustakaan, kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah
Setelah pengajuan dokumen, tim evaluator dari ASIIN melakukan kunjungan lapangan untuk memverifikasi informasi yang diberikan. Dalam kunjungan ini, mereka berdialog dengan dosen, mahasiswa, dan staf administrasi untuk mendapatkan gambaran langsung mengenai proses pendidikan di Program Studi S1 Statistika UNAIR.
Tim evaluator dari ASIIN yang melakukan penilaian terdiri dari para ahli di berbagai bidang, yang tergabung dalam Expert Group. Anggota Expert Group tersebut adalah:

  1. Prof. Dr. Mathias Getzlaff, University of Düsseldorf (Physics)
  2. Prof. Dr. Martin Buhmann, University of Gießen (Mathematics)
  3. Prof. Dr.-Ing. Moustafa Nawito, IU International University of Applied Sciences (Information Systems)
  4. Prof. Dr. Setia Pramana, Politeknik Statistika STIS (Statistics, industry representative)
  5. Richie Mayandel Valerio, Institute of Technology Bandung (Mathematics, student representative)


Dari pihak ASIIN, proses ini juga diawasi oleh Johann Jakob Winter dari ASIIN Office.
Rangkaian Kegiatan Akreditasi
Rabu, 12 Juni 2024

  1. Preliminary Meeting of the Expert Team (Isu: Diskusi tentang dokumen yang telah diserahkan, mengumpulkan pertanyaan, dan mengidentifikasi topik untuk dibahas dengan UNAIR).
  2. Meeting with Program Coordinators and Representatives of the Rector’s Office (Isu: Pengembangan lebih lanjut dari universitas; posisi program dalam konteks universitas; profil program dan perspektif pengembangan lebih lanjut sebagaimana dipandang oleh rektorat; studi dan pengajaran di institusi yang berpartisipasi; staf (saat ini dan pengembangan yang direncanakan); kerjasama; perspektif pengembangan lebih lanjut; peralatan; komunikasi dan koordinasi; organisasi studi dan manajemen pengajaran; jaminan kualitas).
  3. Meeting with Program Coordinators (Isu: Tujuan pendidikan; kurikulum; jalannya studi; konten dan metode pengajaran; konseling dan dukungan untuk mahasiswa; organisasi ujian; hasil studi; relevansi untuk pasar kerja).
  4. Meeting with Partners from the Industry/Private Sector (Isu: Kerjasama mitra industri dengan universitas dalam pengembangan kurikulum; magang; tugas akhir di industri).


Kamis, 13 Juni 2024

  1. Meeting with Students/Alumni (Isu: Tujuan pendidikan dan program studi; konten studi; organisasi studi; ujian; konseling dan dukungan untuk mahasiswa; kondisi studi; studi di luar negeri).
  2. Meeting with Teaching Staff (Isu: Kurikulum; jalannya studi; konten dan metode pengajaran; konseling dan dukungan untuk mahasiswa; kualifikasi lebih lanjut bagi profesor dan staf pengajar lainnya).
  3. Final Meeting with Program Coordinators and Representatives of the Rector’s Office (Isu: Ringkasan kesan dari kelompok ahli; kesempatan untuk penjelasan akhir oleh institusi pendidikan tinggi jika ada hal yang belum jelas).


Dalam rangkaian kegiatan ini, beberapa alumni turut hadir untuk memberikan perspektif mereka. Alumni yang hadir antara lain Christopher Andreas, Antonio Nikolas, dan Idrus Syahzaqi. Kehadiran mereka memberikan wawasan berharga mengenai relevansi dan dampak program studi terhadap karier mereka setelah lulus.
Program Studi S1 Statistika mendapatkan beberapa closing remarks supaya dapat berkembang menjadi lebih baik, antara lain program Studi S1 Statistika Universitas Airlangga dapat menawarkan pengajaran tidak hanya dengan Bahasa Indonesia, tetapi juga dalam Bahasa Inggris. Hal ini dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa internasional untuk berpartisipasi. Program ini juga mendorong mobilitas mahasiswa dengan mengundang mahasiswa dari luar negeri untuk berkegiatan di UNAIR dan mengambil beberapa mata kuliah. Selain itu, prodi ini harus memiliki sistem learning agreement untuk transparansi antara mahasiswa dan tim penilai selama internship. Hal ini memastikan bahwa tujuan pembelajaran dan penilaian magang dapat dipahami dengan jelas oleh semua pihak. Kerjasama internasional program ini masih terbatas, sehingga diperlukan upaya lebih untuk mendorong internasionalisasi. Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan adalah evaluasi European Credit Transfer and Accumulation System (ECTS) untuk setiap modul, guna menghindari ketidaksesuaian dan memastikan kesesuaian kredit. Untuk mendukung pengajaran, lisensi software yang dibutuhkan harus diupayakan. Fasilitas dan kapasitas dosen juga perlu diperhatikan seiring dengan bertambahnya jumlah mahasiswa. Sumber daya komputasi dapat ditingkatkan melalui kerjasama dengan institusi lain.
Dengan proses akreditasi yang sedang berjalan, Universitas Airlangga terus berupaya untuk mencapai standar internasional dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi, menjadikan UNAIR sebagai pilihan utama bagi mahasiswa yang menginginkan pendidikan berkualitas dengan pengakuan global.
Saat ini, Program Studi S1 Statistika UNAIR menunggu hasil penilaian dari ASIIN. Diharapkan, akreditasi ini akan menjadi pengakuan atas kualitas pendidikan yang disediakan dan memotivasi seluruh civitas akademika untuk terus berinovasi dan meningkatkan mutu pembelajaran. Dengan proses akreditasi yang sedang berjalan, Universitas Airlangga terus berupaya untuk mencapai standar internasional dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi, menjadikan UNAIR sebagai pilihan utama bagi mahasiswa yang menginginkan pendidikan berkualitas dengan pengakuan global.