Prestasi Gemilang Mahasiswa Prodi Statistika di Ajang ANAVA #18

Prodi Statistika Universitas Airlangga kembali mendapat kabar gembira. Mahasiswa Prodi Statistika Universitas Airlangga kembali meraih prestasi gemilang dalam ajang ANAVA #18 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Statistika Universitas Gajah Mada (UGM). Puncak acara ANAVA #18 diselenggarakan pada tanggal 17 Februari 2024 di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UGM, Yogyakarta. Pada ajang kompetisi kali ini, Prodi Statistika mengirimkan tiga tim yang lolos menjadi finalis pada perlombaan infografis. Mereka berhasil mendapatkan prestasi juara 1 dan juara favorit pada lomba infografis

Ajang Pengenalan Aktivitas Statistika (ANAVA) merupakan kegiatan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Statistika (HIMASTA) FMIPA UGM sekali setiap tahun. Kegiatan ini lebih berfokus terhadap misi penyebarluasan ilmu statistika kepada masyarakat yang sedang menekuni studi tingkat SMA/sederajat. Pelaksanaan ANAVA sendiri sudah memasuki pelaksanaannya yang ke-18 sejak dilaksanakan pertama kali pada tahun 2007 silam. ANAVA #18 mengusung tema besar “HOGWARTS: Harnessing Our Glorious Wizarding Ability for Gathering, Analyzing, and Transforming Statistics”. Tedapat beberapa rangkaian acara pada ajang ANAVA #18, antara lain Kompetisi Infografis Statistika (KIS) yang diperuntukkan untuk mahasiswa D3, D4, dan S1, Olimpiade Nasional Statistika (ONS) yang dapat diikuti oleh siswa tingkat SMA/MA sederajat dan mahasiswa D3, D4, dan S1, The One yaitu Try Out untuk pelajar SMA/MA sederajat, Olimpiade Statistika Matematika (OSM) yang diperuntukkan untuk pelajar tingkat SMA/MA sederajat, serta terdapat Open House Statistika (OHS) yang merupakan rangkaian acara pengenalan dunia statistika.

Tiga tim yang berhasil menjadi finalis KIS adalah tim yang beranggotakan Adnan Syawal Adilaha Sadikin dan Marcelena Vicky Galena, mahasiswa Statistika Universitas Airlangga angkatan 2021 dengan infografis berjudul “From Zero Become One By Data”. Tim ini berhasil meraih Juara 1. Tim kedua adalah tim yang beraggotakan Na’imatul Lu’lu’a, mahasiswa Statistika Universitas Airlangga angkatan 2021 dengan infografis berjudul “2045 Indonesia Lepas dari Middle Income Trap (MIT), Mungkinkah?”. Tim ini berhasil meraih juara favorit. Tim yang menjadi finalis lainnya yaitu beranggotakan Sanda Insania, Aulia Ramadhanti  mahasiswa Statistika Universitas Airlangga angkatan 2022 dengan infografis berjudul “Transformasi Nasional : Peran Vital PSN sebagai Fondasi Indonesia di Era Society 5.0”.

Pada puncak acara ANAVA #18, para peserta finalis melakukan presentasi hasil karyanya kepada dewan juri dan menjawab pertanyaan yang diajukan. Mereka juga disambut dengan meriah pada Awarding Night yang diisi dengan penampilan hiburan dan makan malam, diikuti dengan pengumuman pemenang dari setiap perlombaan dan ditutup dengan sesi dokumentasi.

Partisipasi dalam kompetisi tingkat nasional seperti ANAVA dapat membantu mempromosikan pendidikan yang inklusif dan merata dengan memberikan kesempatan kepada semua peserta tanpa memandang latar belakang sosial, ekonomi, atau kemampuan mereka. Selain itu, kompetisi semacam itu juga dapat membantu dalam pengembangan keterampilan seperti pemecahan masalah, kerja tim, komunikasi, kreativitas, dan pemikiran kritis, yang konsisten dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) poin 4, yaitu Pendidikan Berkualitas.

Dalam mengomentari kesuksesannya di ANAVA #18, Na’imatul menyatakan, “Melalui ajang ANAVA #18 ini saya mendapatkan banyak pengalaman dan manfaat, seperti menambah teman, melatih jiwa kompetitif, dan menerapkan ilmu yang telah saya pelajari selama perkuliahan. Harapannya kami dapat meraih lebih banyak prestasi di masa depan.”

Diharapkan prestasi yang telah diraih ini dapat memotivasi mahasiswa untuk terus belajar, mengevaluasi diri, dan mengoptimalkan waktu mereka untuk mengasah potensi diri serta menerapkan pengetahuan yang diperoleh selama berkuliah guna meningkatkan prestasi Prodi Statistika, baik di tingkat nasional maupun internasional.