ANOVA 2020, Memorable Anniversary of UNAIR Statistics Study Program

Dosen beserta keluarga berfoto bersama dengan mahasiswa

Sabtu (29/2) telah berlangsung perayaan ulang tahun prodi Statistika dan HIMASTA di Villa Dharma, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur yang bertajuk ANOVA (Anniversary on Vacation). Acara ini dihadiri oleh mahasiswa Statistika 4 angakatan serta seluruh dosen dan keluarga. Acara yang mengangkat tema Selflove ini berhasil membuat semua pihak berbahagia di malam minggu itu. Acara dimulai dengan penyampaian materi tentang peranan leadership dan manajemen organisasi dalam dunia perkuliahan dan dunia kerja oleh M. Fairuzzuddin Zuhair, Wisudawan Terbaik Unair 2019 serta Wakil Ketua BEM Unair 2018.

 

Pengangkatan tema Selflove bukanlah tanpa alasan, mengingat mental illness adalah isu yang sedang dibahas di Indonesia, khususnya mahasiswa. Bentuk kepedulian kami terhadap isu mental illness awareness yang mendasari pemakaian tema ini. Tidak main-main, ANOVA meghadirkan splot khusus untuk membuat konten terkait Selflove di siang hari itu. Dengan dipimpin oleh MC, Rita dan Ziky, mahasiswa diarahkan untuk menulis 3 hal yang mereka cintai tentang dirinya dan kemudian hal yang mereka sukai dari teman di sebelahnya. ANOVA ingin menebarkan Selflove Campaign ini terhadap khalayak luas, tidak hanya mahasiswa Statistika yang hadir saat itu, sehingga setiap mahasiswa diwajibkan untuk membagikan tulisan tersebut di social media masing-masing.  

Dosen menyanyikan lagu prodi

ANOVA tetap berlanjut hingga malam hari dengan bergabungnya seluruh dosen Statistika beserta keluarga. Hadirnya Kaprodi (Kepala Prodi) Statistika, Drs. H. Sediono, M.Si., turut meramaikan acara malam itu. Pada sambutannya, beliau menyampaikan harapan untuk prodi ini, salah satunya memperoleh akreditas internasional ASIIN pada tahun 2021. Tidak hanya itu, Kaprodi pun menguatkan apa yang disampaikan oleh Ketua Pelaksana ANOVA 2020, Azizah Wulandari, bahwa ANOVA adalah tempat untuk keluarga besar Statistika menjalin silaturrahim. Ketua HIMASTA, M. Yusuf Albadri juga menyampaikan harapannya untuk prodi ini serta untuk HIMASTA. Harapan semoga HIMASTA bisa lebih baik dan berjaya tidak luput digaungkan pada malam itu. 

Kue ulang tahun Prodi Statistika dan HIMASTA

Persiapan tiup lilin

Acara semakin meriahh, tawa dosen dan mahasiswa semakin pecah saat kesan dan pesan mahasiswa untuk masing-masing dosen dibacakan. Doa pun tak luput diucapkan oleh mahasiswa agar dosen-dosen tetap sehat. Tidak sedikit dosen yang menyampaikan semacam klarifikasi terhadap kesan dan pesan mahasiswa. Salah satunya adalah Drs. Suliyanto, M.Si., beliau menyampaikan bahwa mahasiswa di era ini harusnya lebih semangat dalam belajar mengingat fasilitas yang diperoleh lebih baik. Hal yang disampaikan oleh dosen Statistika tersebut benar adanya mengingat anak muda saat ini dibanjiri dengan teknologi yang serba canggih.  

Dosen dan mahasiswa TikTok-an bersama (1)

Dosen dan mahasiswa TikTok-an bersama (2) 

Kemeriahan lainnya hadir saat seluruh dosen dan mahasiswa bernyanyi bersama dan melakukan goyang ubur-ubur ala TikTok, aplikasi musik yang sedang hits saat ini. Birthday Party dengan tiup lilin dan potong kue dimeriahkan pula dengan pesta kembang api dari balkon villa. Semua tertawa bahagia merayakan ulang tahun Statistika dan HIMASTA. ANOVA ditutup dengan persembahan dari mahasiswa angakatan 2019 dan band HIMASTA, Victoric. Semoga semua doa dan harapan untuk Statistik dan HIMASTA dapat terwujud. Sampai jumpa di ANOVA 2021!  

Dosen Prodi Statistika dan keluarga