Statistika UNAIR Selenggarakan Kuliah Praktisi Bertajuk “ BIG DATA ”

Sabtu (13/11/2021) Prodi S1 Statistika Universitas Airlangga telah menyelenggarakan kuliah praktisi dengan mengangkat tema “ Data Analysis and Big Data for Official Statistics ”. Tujuan diadakannya kuliah praktisi ini adalah untuk mengupas tuntas bagaimana peran Big Data diolah terutama untuk Official Statistics. Sebagai pemandu jalannya kegiatan, ada Rita Susanti sebagai MC serta M. Fariz Fadillah Mardianto dan Dita Amelia sebagai moderator. Kegiatan ini di selenggarakan secara online melalui media zoom meeting. Selain melui media zoom meeting, Kegiatan ini juga disiarkan secara langsung di kanal youtube milik Prodi S1 Statistika Universitas Airlangga.

Kegiatan dibuka oleh Prof. Dr. Moh Yasin, M.Si. selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga. Selanjutnya Drs. H. Sediono, M.Si. selaku Kepala Prodi S1 Statistika menyampaikan bahwa untuk saat ini data sangatlah penting terutama untuk menghadapi era 4.0 yang akan menuju ke era 5.0. Karena dengan data yang benar maka akan menghasilkan informasi yang nantinya akan menghasilkan sebuah pengetahuan. Dengan dihadirkannya narasumber yang ahli dibidang Big Data, diharapkan peserta dapat mengambil pelajaran dan pengalaman untuk menghadapi era 5.0.

Kuliah praktisi kali ini menghadirkan 3 narasumber dari lembaga yang berbeda. Narasumber pertama yaitu Drs. L. Manik Mustikohendro, M.Si. Selaku Koordinator Substansi Data dan Statistik Pendidikan Pusat Data dan Teknologi Informasi, Kemendikbudristek RI. Narasumber kedua yaitu Hari Dwi Korianto, S.Kom., M.Si. selaku Direktur Sistem dan Prosedur Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan, Kementerian PPN/BAPPENAS Selaku Sekretariat Satu Data Indonesia Tingkat Pusat. Dan narasumber ketiga yaitu Dr. Agus Budhi Santosa, S.Si., M.T. selaku Statistisi Madya Fungsi Neraca Wilayah dan Analisis Statistik BPS Jawa Timur.

Diskusi Moderator 1 bersama Narasumber pertama, Narasumber kedua, Koordinator Program Studi S1 Statistika UNAIR